Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah Membekali PNS yang Pensiun Pada Tahun 2023

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan acara Pembekalan bagi PNS yang akan purna tugas tahun anggaran 2023, Acara yang digelar dibuka langsung oleh Kepala BKD Provinsi Jawa Tengah Drs. Wisnu Zaroh, M.Si hadir juga sebagai narasumber Ibu A. Nurcahyanti Utami Dewi dari PT TOSEC World.

Arahan Kepala BKD Purna tugas merupakan hal yang pasti dan akan dialami oleh semua Pegawai Negeri Sipil, regenerasi harus dijalankan karena pertumbuhan jumlah penduduk angkatan kerja sudah menanti dan siap mengganti. Meskipun semua PNS sudah tahu batasan pensiun kenyataannya tidak semua PNS mempersiapkannya dengan baik.

Faktor eksternal dan internal PNS menyebabkan seseorang yang sudah pensiun akan lebih cepat mengalami “Post Power Syndrome”. Permasalahan ini tidak hanya mengganggu kehidupan pribadi PNS namun apabila tidak dapat diselesaikan akan mengganggu stabilitas ekonomi secara nasional.

Sebagai informasi, tahun 2023 sebanyak 2.344 PNS pensiun dan 2024 sebanyak 2.216 PNS pensiun. Besarnya Jumlah PNS yang pensiun jika tidak cepat direspon maka akan menjadi faktor Dependency Ratio yaitu meningkatnya beban ketergantungan terhadap usia produktif.

 

Sumber dan berita terkait, sebagai berikut :

  1. BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH